Waspada! 5 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Berbarengan dengan Kopi

Sedang Trending 6 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Saat minum kopi, Anda perlu memperhatikan pendampingnya. Ada beberapa jenis asupan makanan nan tidak disarankan untuk dikonsumsi berbarengan dengan kopi.

Menikmati kopi bakal lebih lezat jika dilengkapi dengan beberapa bahan pendamping. Mulai dari camilan, makanan nan enak, alias apalagi dengan beberapa bahan tertentu untuk dinikmati bersamaan.

Ternyata menurut penelitian, kopi dapat memengaruhi penyerapan nutrisi makanan jika salah konsumsinya. Hasilnya makanan nan sudah ditelan tidak bakal memberikan asupan nutrisi dan mineral nan maksimal ke dalam tubuh.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tentunya kita kudu menghindari menyia-nyiakan asupan nutrisi dari makanan jika mau tubuh tetap sehat dan bugar. Beberapa jenis makanan ini perlu dicatat dan diingat-ingat untuk tidak dikonsumsi menjadi pendamping kopi.

Baca juga: Duh! Bocah Ini Jajan Makanan Viral Hampir Rp 500 Ribu

Berikut ini 5 makanan nan tidak direkomendasikan Health (1/7) sebagai pendamping kopi:

Waspada! 5 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Berbarengan dengan KopiKopi mempunyai pH masam nan tak cocok disandingkan dengan buah-buahan asam. Foto: Getty Images/iStockphoto/Natalya Ugryumova

1. Buah asam

Beberapa pelaku diet kerap kali berupaya menemukan asupan makanan nan minim kalori tanpa memikirkan pengaruh sampingnya. Salah satunya dengan menganggap minum kopi hitam dan makan buah masam bakal sukses menurunkan berat badan.

Faktanya kombinasi dua bahan ini malah dapat menimbulkan gangguan pada pencernaan. Alasannya kopi mempunyai kandungan pH masam pada 4,85 - 5,13. Artinya kopi termasuk asupan nan asam.

Ketika dikonsumsi berbareng buah nan asam, maka reaksi asamnya dapat memicu terjadinya lonjakan masam lambung nan berujung pada GERD. Gejalanya bakal berupa perut kembung, kepala pusing, mual, hingga sensasi seperti dada terasa terbakar.

2. Daging merah

Banyak penelitian mengindikasikan konsumsi kopi dapat menyebabkan gangguan nutrisi pada usus. Terutama penyerapan unsur besi nan biasanya didapatkan dengan konsumsi daging merah.

Pada pengetesan pengaruh kopi terhadap kadar serum ferritin ditemukan bahwa tiga gelas kopi alias lebih dalam sehari dalam mengacaukan kadar unsur besi di dalam tubuh. Pun konsumsinya juga menghalang penyerapan unsur besi pada usus sehingga bakal memicu kekurangan unsur besi dalam tubuh.

Padahal unsur besi sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Jika dibiarkan secara terus menerus dampaknya bakal terjadi anemia dan gangguan nutrisi di dalam tubuh.

Susu dan makanan di laman selanjutnya juga tak boleh dinikmati berbareng kopi.

Simak Video "Kopi Kethip, Kebun Angker nan Disulap Jadi Angkringan"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food