Unik! Di Klaten Bisa Makan Enak Ditemani Ikan Koi dan Suasana Asri

Sedang Trending 5 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Di Klaten ada tempat makan unik dan seru nan menawarkan sensasi makan sembari berinteraksi dengan ikan koi. Pilihan menunya beragam, dari cumi masak kelapa hingga wedang Koito.

Semakin banyak tempat makan nan menghadirkan konsep unik demi menarik perhatian pelanggan, termasuk di Klaten. Koito Resto datang dengan konsep ikan koi dan suasana pedesaan sebagai primadonanya.

Resto nan dirintis sejak 6 Februari 2023 itu hanya berjarak separuh kilometer dari Umbul Ponggok. Lokasi nan berada di tepi dusun menyuguhkan pemandangan pedesaan berupa sawah dengan udaranya nan segar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meskipun konsepnya resto, di Koito Resto sama sekali tidak ditemukan kesan modern, minimalis ataupun style Eropa. Tempat makan di lahan sekitar 4.000 meter itu memilih style Jawa Klasik untuk suasananya.

Suasana di Koito Resto Desa Jimus, Kecamatan Polanharjo, Klaten.Suasana di Koito Resto Desa Jimus, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng

Terdapat pendapa Limasan Jawa berbahan kayu dan batu bata nan tidak diplester semen di bagian tengah. Di sisi timur, gedung joglo full kayu jati antik disediakan untuk ruang pertemuan dengan rapat.

Di sisi lain resto, beberapa gazebo berbentuk kandang sapi ataupun kerbau disediakan untuk visitor rileks. Di sela bangunan-bangunan unik unik Jawa itu visitor bisa melihat, berfoto, memberi makan, apalagi berinteraksi dengan ikan-ikan koi di kolam.

Terdapat lima kolam beragam ukuran nan berisi ikan koi warna-warni dan beragam ukuran. Mulai ukuran sebesar telapak tangan sampai nan mempunyai panjang 30-40 centimeter.

Di bagian basement gedung Limasan, terdapat ruangan makan dan kongkow unik di air. Sambil menikmati menu hidangan, visitor bisa keceh (berbasah-basah) dan bermain dengan ikan koi nan berseliweran.

"Namanya Koito Resto, ya lantaran identik dengan beragam macam ikan koi. Kurang lebih 1000 ekor sehingga kita angkat tema 1001 koi," ungkap Menejer Koito Resto, Anwar Sandi Mubaroq kepada detikJateng, Jumat (5/7/2024) sore.

Dijelaskan Sandi, resto itu berasal dari peternakan ikan koi nan berjalan sampai 10 tahun. Setelah itu, tahun 2022 mulai muncul buahpikiran membikin restoran.

"Tahun 2022 muncul buahpikiran membikin resto dengan join patner dan rupanya ramai. Sabtu dan Minggu dimaksimalkan 250 orang, itu sudah full," kata Sandi.

Koito Resto, menurut Sandi, buka setiap hari dari pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB. Tidak ada tiket masuk untuk pengunjung, termasuk untuk menikmati momen saat bermain dengan ikan koi. Pengunjung cukup bayar makanan dan minuman nan mereka pesan.

Suasana di Koito Resto Desa Jimus, Kecamatan Polanharjo, Klaten.Suasana di Koito Resto Desa Jimus, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng

"Masuknya free, di basement bisa makan sembari kece berbasah-basah dengan ikan koi. Bisa dipegang, apalagi jika hari Minggu dibuat berenang oleh anak-anak," tutur Sandi.

Untuk menu, lanjut Sandi, ada nan berbeda dengan resto lain ialah udang dan cumi masak kelapa, udang cumi masak nan disuguhkan di dalam kelapa utuh nan dibelah. Minumannya ada wedang Koito.

"Ada unik wedang Koito, berupa campuran susu kedelai, minuman yakult dan madu nan bisa disajikan dingin maupun hangat. Kata para tamu disini lebih homey, seperti di rumah sendiri, kembali ke kampung," sebut Sandi.

Sandi menyatakan sejak dibuka visitor berasal dari beragam wilayah di Jawa dan luar Jawa, termasuk Kalimantan. Mereka mengetahui dari Tiktok.

"Tahunya dari Tiktok, apalagi sekarang menempati posisi pertama Trip Advisor wisata di Klaten. nan menginap juga ada homestay di bagian barat," pungkas Sandi.

Seorang pengunjung, Dian Rahmawati menyatakan dirinya berbareng family datang setelah tahu dari Tiktok. Lokasi rupanya unik dan menarik.

"Menarik, unik, adem, sesuai temanya bermain dan makan berbareng ikan. Menu unik tadi ikan masak kelapa, tempat di pedesaan tapi enak," ungkap Dian kepada detikJateng di lokasi.

Artikel ini sudah tayang di detikjateng dengan titel Resto Unik di Klaten! Pengunjung Bisa Makan Sambil Berinteraksi dengan Ikan Koi


(yms/adr)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food