Tips Membuat Kue untuk Penderita Diabetes, Perhatikan 5 Hal Ini!

Sedang Trending 5 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Penderita glukosuria dianjurkan untuk menghindari makanan manis, seperti kue. Jika mau membuatnya sendiri, perlu memerhatikan beberapa tips berikut ini.

Kue nan dipanggang biasanya bercita rasa manis. Penderita glukosuria kudu menghindarinya jika mau tak terjadi lonjakan gula darah.

Kalau mau tetap mengonsumsinya, perhatikan kandungan gula dan lemaknya. Jika mau aman, Anda bisa membikin kue-kue sendiri di rumah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir dari NDTV (2/7), Anda bisa memodifikasi resep kue agar lebih ramah dikonsumsi penderita diabetes. Mulai dari penggunaan tepung, tambahan lemak, hingga pemanisnya.

Berikut ini beberapa bahan untuk membikin kue bagi penderita glukosuria nan perlu dicermati pemakaiannya:

1. Jenis Tepung

Tepung terigu dan butter untuk membikin kue keringTepung terigu Foto: iStock

Kebanyakan kue dibuat menggunakan tepung terigu serbaguna. Namun, jenis tepung ini sebaiknya dihindari untuk penderita diabetes.

Meskipun tepung terigu bisa membantu membikin makanan jadi lembut dan empuk, tapi juga bisa menambahkan kadar gula darah berfluktuasi.

Sebaiknya, pilihlah tepung nan lebih sehat dan berserat tinggi. Seperti tepung gandum utuh alias tepung oat (oatmeal) nan bisa dipakai sebagai penggantinya.

2. Pemanis Alami

Jika membikin kue nan rasanya manis, pastinya menggunakan gula pasir nan cukup banyak. Sebaiknya mulailah mencari pengganti gula pasir sebagai bahan pemanisnya.

Pemanis alami bisa dipakai sebagai pengganti, termasuk gula aren dan gula kurma. Kamu juga bisa menambahkan pisang matang ke dalam resepnya, sehingga rasa manis alami didapat dari pisang.

Simak Video "61,27% Penduduk RI Konsumsi Minuman Manis Lebih dari 1 Kali per Hari"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food