Pempek 'Hidden Gem' Legendaris di Tebet Ini Sudah Ada Sejak 1989

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Di tengah banyaknya kafe dan restoran modern di Tebet, tetap ada warung pempek tersembunyi nan legendaris. Sudah ada sejak tahun 1989.

Blusukan cari kuliner lezat di Tebet bisa dibilang susah-susah gampang. Karena di wilayah Tebet sendiri tak terhitung berapa banyak tempat makan, kafe sampai restoran modern nan terus bermunculan.

Di antara kuliner modern dan viral di Tebet, tetap ada tempat makan nan bisa dibilang 'hidden gem' alias tersembunyi. Salah satunya warung sederhana Pempek Palembang Enak milik Bu Emi. Warung pempek ini sudah berdiri sejak tahun 1989 di Jalan Tebet Timur Dalam III.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selama lebih dari 35 tahun berjualan, Ibu Emi tetap mempertahankan resep hingga cita rasa pempek autentik Palembang nan digemari banyak orang. Berikut penelusurannya.

1. Warung Pempek Legendaris di Tebet

Pempek 'Hidden Gem' Legendaris di Tebet Ini Sudah Ada Sejak 1989Ibu Emi jualan pempek di Tebet dari 1989 Foto: detikFood

Kalau membicarakan kuliner legendaris di area Tebet, orang-orang biasanya lebih mengingat warung mie ayam alias bakso nan banyak ditemukan di sana. Ternyata selain bakso dan mie ayam legendaris, Tebet punya warung pempek sederhana nan ada sejak 1989.

Warung Pempek Palembang Enak ini diapit oleh restoran dan kafe modern di Jalan Tebet Timur Dalam III. Sang pemilik Ibu Emi, merantau ke Jakarta pada tahun 1980-an dari Palembang dan akhirnya memutuskan untuk jualan pempek sendiri di Tebet.

Pempek 'Hidden Gem' Legendaris di Tebet Ini Sudah Ada Sejak 1989Pempek 'Hidden Gem' Legendaris di Tebet Ini Sudah Ada Sejak 1989 Foto: detikFood

"Saya original orang Palembang, dulu merantau ke Jakarta kerja dulu cari pengalaman. Habis itu saya buka warung pempek ini tahun 1989. Saya dari mini memang sudah terbiasa buat pempek, diajarin oleh ibu saya, jadi pas besar pun langsung jualan pempek pakai resep keluarga," ungkap Ibu Emi ke detikFood (05/07).

2. Menu Pempek Autentik Palembang

Pempek 'Hidden Gem' Legendaris di Tebet Ini Sudah Ada Sejak 1989Pempek 'Hidden Gem' Legendaris di Tebet Ini Sudah Ada Sejak 1989 Foto: detikFood

Setiap harinya Ibu Emi dibantu dengan dua anaknya membikin enam jenis pempek dari jam empat pagi. Yaitu pempek jenis Kapal Selam, Lenjer Besar, Telor Kecil, Lenjer Kecil, Adaan, Tahu, Kulit, Pistel hingga Pempek Belah.

"Kalau di sini memang ada beberapa pempek nan jarang ditemukan di penjual pempek di Jakarta. Misalnya seperti pempek tahu, pempek pistel nan isinya pepaya lampau ada pempek belah isinya sambal," sambung Ibu Emi.

Pempek 'Hidden Gem' Legendaris di Tebet Ini Sudah Ada Sejak 1989Pempek 'Hidden Gem' Legendaris di Tebet Ini Sudah Ada Sejak 1989 Foto: detikFood

Untuk adukan pempeknya, Ibu Emi selalu menyantap komparasi 1:1 antara ikan tenggiri dan adukan terigu, jadi dari segi rasa semua pempeknya ini tetap terasa ikannya.

"Pempek buatan saya ini dibuat fresh setiap harinya, tidak pakai pengawet, pemutih alias bahan-bahan lainnya. Kalau disimpan di freezer bisa tahan lebih dari sebulan, banyak pengguna nan datang buat stok makan di rumah," pungkas Ibu Emi.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food