Gordon Ramsay Kepincut Kuliner Ekstrem dari Negara Laos

Sedang Trending 5 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Gordon Ramsay, chef selebriti terkenal asal Inggris ini rupanya suka kulineran di negara Asia Tenggara ini. Ia berani mencoba beragam hidangan ekstremnya.

Setiap orang punya preferensi kuliner dan makanan favorit masing-masing, apalagi para foodies alias mereka nan berkecimpung di bumi kuliner. Pastinya mereka sudah tahu betul makanan apa saja nan sekiranya enak.

Bagi chef selebriti kelahiran Inggris, Gordon Ramsay ada dua makanan nan dia bakal pilih sebagai santapan terakhirnya di dunia. Dua makanan itu adalah burger In-N-Out dan sticky toffee pudding.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun untuk lokasi wisata kuliner, Ramsay baru-baru ini membikin pengakuan nan cukup mencengangkan. Mengutip The Daily Meal (3/7/2024), Ramsay mengungkapnya pada YouTuber Korea, ChoSeung-yeon.

Pria 57 tahun ini jatuh cinta dengan Laos. Ia bilang makanan di Laos melampaui ekspektasinya. Ramsay berjamu ke Laos untuk merasakan dan mengeksplor kulinernya pada tahun 2019.

Gordon Ramsay Kepincut Kuliner Ekstrem dari Negara LaosSup semut unik Laos, hidangan ekstrem nan dicicipi Gordon Ramsay. Foto: Mashed

Saat itu Ramsay mengunjungi Laos dalam rangkaian serial Uncharted nan tayang di National Geographic. Ramsay menyusuri Sungai Mekong dan mempelajari budaya kuliner di sana agar dia bisa membikin makanan untuk para biksu di wilayah tersebut.

Dalam bagian tersebut, Joy nan merupakan pemandu Ramsay mengatakan makanan Laos tidak terlalu manis. Ciri unik lain adalah mereka menggunakan banyak bahan nan berasal dari hutan.

Ramsay pun terkejut ketika mencicipi masakan lokal Laos berbahan katak, siput, hingga serangga air raksasa. Serangga nan terkenal dengan julukan "penggigit jari kaki" itu diolah seperti sate dengan tusukan bambu lampau dipanggang di api langsung.

Saat mencicipi olahan serangga unik Laos itu, Ramsay bilang rasanya manis mirip paduan lobster dan kepiting. Selain itu, dia juga mencoba siput nan dibungkus daun selada dengan tambahan daun bawang. Ia bilang rasa hidangan ini lezat dan berdaging.

Suami Tana Ramsay itu juga mencicipi lao-lao saat ke Laos. Berupa minuman keras nan terbuat dari fermentasi beras ketan. Kata Ramsay, rasa lao-lao sangat kuat.

Ia terkejut lantaran whisky beras unik Laos itu juga direndam berbareng tokek. Ternyata penambahan tokek ini memberikan rasa manis tambahan nan tak terduga.

Sosok ikonik dalam program Hell's Kitchen itu apalagi coba masak sup semut unik Laos. Ia belajar langkah memanen semut dan telur semut dari sarangnya.

Ramsay berujar sup semut mempunyai rasa seperti jeruk dengan paduan rasa pedas, manis, dan asam. Ketika ditanya oleh The Independent tentang pelajaran terbesar nan dia pelajari selama pembuatan Uncharted, Ramsay berkata, "Pengetahuan dan memastikan bahwa kita hanya mengambil apa nan kita butuhkan."

Gordon Ramsay Kepincut Kuliner Ekstrem dari Negara LaosIkan berbumbu serai nan dibalut daun pisang ini juga dicoba oleh Gordon Ramsay. Foto: Mashed

Hidangan eksotis lain dari Laos nan pernah dicicipi Ramsay adalah Mok Pa. Berupa ikan panggang nan berasal dari ikan sungai. Ikan ini lampau dibalut daun pisang dan dibumbui sedikit serat untuk menambah aroma.

Di akhir episode, Ramsay mengungkapkan kekagumannya terhadap hidangan negara itu. Ia mengatakan, "Sungai Mekong terus memberi mereka sesuatu nan sangat berharga, budaya kaya nan menggetarkan selera dan menyegarkan jiwa. Itu tak ternilai harganya."

(adr/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food