Cerita Mikael Jasin Sabet Juara World Barista Championship di Korea

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Sempat mundur dan menyerah, barista asal Indonesia ini kembali maju dan memenangkan juara 1 di World Barista Championship. Begini kisahnya!

Adalah Mikael Jasin, barista ahli asal Indonesia nan sudah banyak memenangkan kejuaraan di bumi kopi, khususnya di arena bergengsi World Barista Championship (WBC).

Mikael Jasin didapuk menjadi juara satu di arena nan berjalan di BEXCO, Busan, Korea pada Mei 2024 lalu. Ada tema berkesan nan mengantarkannya ke gerbang kemenangan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kepada detikFood (14/06/24) laki-laki nan berkawan disapa Miki itu bercerita bahwa sebelum maju ke kejuaraan dan memenangkan juara, dia sempat mundur dan mau menyerah.

1. Sempat menyerah tapi justru menjadi ide

Mikael JasinMikael Jasin Foto: detikcom/Riska Fitria

Pada kejuaraan kemarin, Mikael Jasin membawa tema 'mindfulness' nan terinspirasi dari perjalanannya. Sebelumnya dia juga mengikuti kejuaraan serupa, tetapi tidak masuk ke final.

Hal tersebut membikin laki-laki lulusan RMIT University Australia tak puas hingga sempat mundur dan nyaris menyerah. Namun, dari momen itulah dia menemukan perspektif baru.

"Jadi nemuin mindfulness, nemuin langkah bernapas, langkah meditasi nan menangkan seperti apa. Dari itu akhirnya berpikir kayaknya cocok jika dipresentasikan ke kopi," tuturnya saat ditemui detikFood di Omakafe, BSD.

2. Pengalaman berkompetisi di WBC

 Menikmati Sajian Kopi Omakase nan Unik Bareng Juara Dunia BaristaKopi nan ditawarkan di kafe milik Mikael Jasin. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Perspektif itulah nan kemudian dibawa oleh Mikael Jasin ketika mengikuti WBC di Korea. Dalam arena nan diikuti oleh 53 peserta itu, meminta setiap peserta menyajikan kopi selama 15 menit.

Dalam waktu nan terbilang terbata, Mikael ditantang untuk membikin 12 cangkir minuman. 4 di antaranya espresso, 4 cangkir lagi minuman berbasis susu, dan 4 cangkir signature minuman non kopi.

"Selama 15 menit itu, kita gak hanya membikin kopi, tetapi juga presentasi. Akhirnya saya ajak juri untuk ikuti metode mindfulness tersebut untuk menikmati kopi," tuturnya lagi.

Cerita Mikael Jasin sabet juara satu di WBC ada di laman selanjutnya.

Simak Video "Mie Ayam Porsi Jumbo di Tebet nan Jadi Langganan Artis"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food