Cara Bikin Iced Latte yang Enak, Perhatikan Saat Menuangkan Susu

Sedang Trending 5 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Iced latte termasuk jenis minuman kopi nan populer. Kalau mau rasa nan enak, perhatikan waktu nan tepat dalam menuangkan susunya. Begini caranya!

Iced latte alias caffe latte ini merupakan jenis minuman kopi asal Italia. Cita rasanya pahit dan agak creamy, tapi tak manis lantaran resep aslinya nan tak menggunakan campuran gula.

Latte ini hanya dibuat dengan espresso dan susu saja. Pahitnya racikan minuman kopi ini tergantung pada berapa shot espresso nan digunakan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir dari Tasting Table (3/7), ada sebuah tips dibagikan tentang gimana langkah meraciknya. Tips ini berangkaian dengan penambahan susu pada segelas iced latte.

Ternyata waktu nan tepat menuangkan susu adalah sebelum menambahkan espresso. Jadi, susu dituangkan terlebih dulu ke dalam gelas, setelahnya baru menuangkan espresso ke atasnya.

Alasannya adalah untuk menghindari kejutan pada espresso dengan perubahan susu nan mendadak dari sangat panas ke sangat dingin. Rasa latte juga jadi terasa pahit dan terlalu banyak diekstraksi.

cara bikin iced latte nan lezat dan tepatcara bikin iced latte nan lezat dan tepat Foto: Getty Images/Tyas Indayanti

Espresso nan panas juga melelehkan es dengan cepat, sehingga dapat membikin latte menjadi terlalu encer. Menambahkan susu terlebih dulu berfaedah sebagai pembatas antara es dan espresso, dan latte bakal creamy, tak mudah watery, dan terasa lembut.

Sebenarnya iced latte ini bisa langsung dinikmati begitu saja. Namun, jika mau menambahkan gula juga tak masalah sesuai dengan keinginan.

Proses menuangkan espresso terakhir juga bakal mendapatkan pengaruh mengalir nan indah. Selain itu, latte juga bakal terasa lezat jika menambahkan es batu di akhir racikan.

Racikan iced latte diketahui terkenal di beberapa kafe alias coffee shop. Racikan es kopi nan mudah ini juga bisa disajikan sendiri di rumah. Apalagi sudah mengetahui tips membuatnya.


(yms/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food