15 Makanan Penambah Hb untuk Ibu Hamil, Ada Buah dan Sayuran

Sedang Trending 6 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Hemoglobin alias disingkat Hb merupakan protein di sel darah merah nan berfaedah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, Hb juga berkedudukan dalam membawa karbondioksida keluar dari sel dan menuju paru-paru untuk dikeluarkan.

Bagi ibu hamil, volume darah bakal meningkat sekitar 30-50% lantaran kebutuhan oksigen untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Maka dari itu, krusial bagi ibu mengandung untuk menjaga kadar Hb agar tetap normal.

Jika kadar Hb di bawah pemisah normal, perihal tersebut bisa memicu anemia alias kekurangan darah. Untuk mengatasinya, disarankan mengkonsumsi makanan nan dapat menambah Hb.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas, apa saja makanan penambah Hb bagi ibu hamil? Simak pembahasannya dalam tulisan ini.

Makanan Penambah Hb bagi Ibu Hamil

Ada sejumlah makanan seperti buah dan sayuran nan dapat menambah kadar Hb bagi ibu hamil. Mengutip Healthline dan NDTV, berikut daftar makanannya:

1. Bayam

Makanan nan pertama ada bayam. Sayuran hijau ini dikenal mengandung unsur besi tinggi sehingga dapat mencegah anemia.

Sebagai informasi, unsur besi sangat baik untuk membentuk hemoglobin dalam darah. Apabila ibu mengandung kekurangan unsur besi dan masam folat, maka bisa terkena anemia.

2. Kacang Hijau

Kacang hijau juga dapat menambah kadar Hb bagi ibu hamil. Sebab, kacang hijau kaya bakal unsur besi, masam folat, dan vitamin C nan bisa meningkatkan hemoglobin.

Selain itu, kacang hijau juga menyehatkan tubuh lantaran mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B6, kalium, kalsium, magnesium, dan natrium.

3. Daging Merah

Mengkonsumsi daging merah seperti daging sapi juga dapat menambah Hb bagi ibu hamil. Sebab, daging sapi mengandung unsur besi nan tinggi serta kaya bakal protein.

Namun, sebaiknya pilih bagian daging tanpa lemak untuk dikonsumsi ibu mengandung lantaran lebih sehat.

4. Ayam

Ayam juga bisa menjadi pilihan pengganti selain daging merah untuk menambah kadar Hb. Sama halnya seperti daging merah, disarankan mengkonsumsi daging ayam rendah lemak dengan langkah direbus serta dibuang kulitnya.

5. Brokoli

Sayuran hijau lainnya nan dapat membantu meningkatkan kadar Hb adalah brokoli. Sebab, brokoli kaya bakal masam folat dan unsur besi nan baik untuk tubuh.

Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin C nan dapat membantu penyerapan unsur besi. Disarankan mengkonsumsi brokoli dengan langkah direbus agar kandungan nutrisinya tetap terjaga.

6. Kentang

Selain kaya bakal karbohidrat, kentang juga mengandung unsur besi tinggi. Maka dari itu, kentang dapat membantu menambah kadar Hb bagi ibu hamil.

Agar lebih sehat dan kandungan gizinya tidak hilang, sebaiknya olah kentang dengan langkah direbus alias dikukus.

7. Pisang

Buah nan satu ini rupanya juga dapat menambah kadar hemoglobin, lho. Sebagai informasi, pisang mengandung unsur besi tinggi nan dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah.

Pisang juga dikenal sebagai buah nan kaya nutrisi, seperti masam folat, serat, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C nan baik untuk kesehatan.

8. Jeruk

Jeruk dikenal sebagai buah nan kaya bakal vitamin C. Nah, kandungan vitamin tersebut dapat membantu proses penyerapan unsur besi di dalam tubuh, sehingga dapat menambah kadar hemoglobin.

9. Apel

Apel juga bisa dijadikan pilihan pengganti jika jenuh mengkonsumsi jeruk dan pisang. Selain menyegarkan, apel mengandung unsur besi tinggi, antioksidan, flavonoid, dan kaya serat.

Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu menambah Hb bagi ibu mengandung sekaligus mencegah terserang anemia.

10. Madu

Madu sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu bahan alami nan berguna untuk tubuh, salah satunya menambah Hb dalam darah. Madu mengandung unsur besi nan dapat meningkatkan kadar hemoglobin serta mencegah anemia.

11. Delima

Delima alias pomegranate juga dapat membantu menambah kadar hemoglobin. Sebab, delima kaya bakal sumber unsur besi serta mengandung vitamin A, C, dan E nan tinggi.

Delima juga mengandung masam askorbat nan dapat meningkatkan kandungan unsur besi dalam tubuh.

12. Semangka

Di dalam sepotong semangka ukuran sedang rupanya mengandung unsur besi sekitar 1,5 gram. Hal ini baik untuk menambah hemoglobin dalam darah serta mencegah terserang anemia bagi ibu hamil.

Lalu, semangka juga mengandung vitamin C tinggi nan berfaedah untuk menyerap unsur besi di dalam tubuh.

13. Anggur

Buah nan satu ini juga baik dikonsumsi bagi ibu mengandung ketika kadar Hb-nya di bawah normal. Soalnya, anggur mengandung masam folat dan vitamin A tinggi. Kedua nutrisi tersebut dapat membentuk sel darah merah di dalam tubuh.

14. Stroberi

Walau rasanya sedikit asam, namun stroberi mempunyai faedah nan baik untuk tubuh dalam membentuk sel darah merah. Hal itu berkah kandungan antioksidan nan tinggi pada stroberi.

Tak hanya itu, kandungan antioksidannya juga dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, sehingga dapat meminimalisir akibat penyakit berbahaya.

15. Jambu Biji

Makanan penambah Hb bagi ibu mengandung nan terakhir adalah jambu biji. Buah nan satu ini rupanya kaya bakal unsur besi, sehingga dapat menambah sel darah merah.

Disarankan mengkonsumsi jambu biji berwarna merah lantaran mengandung vitamin C nan lebih tinggi, sehingga dapat membantu penyerapan unsur besi di tubuh.

Kadar Hb Normal Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, krusial untuk menjaga kadar hemoglobin agar tetap normal. Menurut WHO, jika kadar Hb pada ibu mengandung kurang dari 11 g/dL, maka bisa memicu indikasi anemia.

Perlu diketahui, kadar Hb normal pada ibu mengandung mempunyai perbedaan tergantung dari trimester usia kehamilan. Mengutip Primaya Hospital, berikut penjabarannya:

  • Trimester pertama: 11,6-13,9 g/dL
  • Trimester kedua: 9,7-14,8 g/dL
  • Trimester ketiga: 9,5-15 g/dL.

Jika ibu mengandung mempunyai kadar Hb di rentang 8-11 g/dL, maka bisa memicu anemia ringan. Sedangkan jika hemoglobin kurang dari 8 g/dL, maka bisa mengalami anemia berat.

Itu dia 15 makanan penambah Hb bagi ibu mengandung nan terdiri dari sayuran, buah, dan daging. Jadi, usahakan tetap menjaga hemoglobin pada pemisah normal, ya.


(ilf/fds)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food